Random

Superqurban, Semangat Berbagi Untuk Yang Membutuhkan

Posted on in Random

Hari raya Idul Adha sudah dekat. Saat ini umat muslim di seluruh dunia mungkin sedang menanti-nanti hari raya ini. Sebagian dengan pergi haji ke tanah suci, sebagian mungkin mencari hewan kurban untuk disumbangkan ke masjid terdekat saat hari raya nanti. Tapi bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu, bisa jadi hari raya Idul Adha ini tidak memiliki kesan apa-apa, karena mengisi perut untuk menyambung hidup saja masih sulit.

Bagi kita yang berada di Indonesia, ada beberapa saudara-saudara kita yang masih dilanda kemalangan, seperti gempa bumi yang mengguncang Bali, Lombok, dan Sumbawa kemarin. Banyak rumah yang rusak, orang-orang yang terluka, dan juga sanak saudara yang meninggal dunia. Di Ambon juga masih ada saudara-saudara kita yang kekurangan pangan sehingga terkena busung lapar. Tanggung jawab siapakah ini semua? Sebagai sesama manusia, sudah sewajarnya kita ikut memperhatikan nasib mereka dan kalau bisa membantu semampunya.

Anak-anak di negara-negara konflik juga berhak mendapatkan perhatian kita

Salah satu bantuan telah dilakukan oleh Rumah Zakat, sebuah lembaga pengelola dana sosial dan sedekah yang berbasis di bandung, Jawa Barat. Rumah Zakat telah mengirimkan beberapa relawan ke Sumbawa yang menyalurkan sumbangan bantuan sembako dan kornet dan rendang Superqurban bagi para korban bencana alam. Mereka juga mengirimkan 3000 kaleng Superqurban untuk saudara-saudara kita di Ambon yang terkena wabah hama dan kelaparan. Oita, Superqurban itu apa sih? Itu sapi-sapi yang merupakan bentuk sumbangan/sedekah dari orang-orang yang bersedekah melalui Rumah Zakat, yang kemudian diolah sehingga berbentuk kornet kalengan yang lebih tahan lama dan dapat didistribusikan ke banyak orang di seluruh dunia.

Kornet kalengan Superqurban dari Rumah Zakat

Ke seluruh dunia? Iya lho. Nggak cuma di dalam negeri aja, tapi Rumah Zakat juga menyalurkan bantuan-bantuan kita kepada saudara-saudara yang membutuhkan di Syria dan Palestina. Kemarin Rumah Zakat juga mengirimkan relawan ke Yordania (negara terdekat dengan perbatasan Palestina dan Syria) untuk menyalurkan Superqurban. CEO Rumah Zakat, bapak Nur Efendi bilang sih nanti di sana juga team relawan Rumah Zakat bakal membeli hewan hidup minimal 30 ekor sapi dan 70 ekor kambing di sana, untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di sana. Supaya mereka juga bisa merayakan semangat Idul Adha walaupun dalam keterbatasan, ya.

Relawan dari Rumah Zakat untuk ke Yordania

Kita juga bisa kok berkontribusi dalam membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah atau kekurangan, baik di dalam negeri maupun di luar sana. Dengan menyalurkan zakat, infaq, shadaqah kita melalui Rumah Zakat, insyaallah sumbangan kita bisa sampai ke tangan mereka yang benar-benar membutuhkan. Bahkan kita juga bisa menyumbang dalam bentuk kornet kalengan Superqurban, yang bisa dikirimkan ke mana-mana. Kalian bisa cek website rumahzakat.org. Semoga di Idul Adha tahun ini, lebih banyak saudara-saudara kita yang berbahagia dan diringankan penderitaannya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *