Travel

Wisata Budaya di Museum Puri Lukisan

Posted on in Travel

Daerah Ubud di Bali merupakan salah satu tempat favorit bagi para seniman atau orang-orang yang membutuhkan inspirasi untuk berkarya. Sebut saja, para penulis novel yang seringkali mencari inspirasi untuk menulis di Ubud. Atau juga film-film yang menampilkan suasana alam Ubud yang asri dalam adegan-adegannya.

Maka tak heran kalau di Ubud juga banyak terdapat galeri seni. Salah satunya adalah Museum Puri Lukisan, yaitu sebuah museum yang didedikasikan untuk para pelukis modern-tradisional dan ukiran Bali sejak tahun 1930an. Museum ini adalah museum seni yang tertua di Bali, lho.

Museum Puri Lukisan ini dulu pada tahun 1936 diprakarsai oleh dua bersaudara Tjokorda Gde Agung Sukawati dan Tjokorda Gde Raka Sukawati, bekerjasama dengan dua seniman dari luar negeri yang pada saat itu berkarya di Bali, yaitu Walter Spies dan Rudolf Bonnet. Akhirnya pada tahun 1954 museum ini dibangun, dan diresmikan pada tahun 1956.

Pintu masuk ke Museum Puri Lukisan

Untuk masuk ke lukisan ini kita dikenakan biaya Rp 85,000 rupiah dan mendapat secangkir teh atau sebotol air minum. Begitu masuk ke area Museum Puri Lukisan ini, ternyata dalamnya luas sekali. Ada empat gedung di dalamnya yang masing-masing gedung memuat jenis-jenis luisan yang berbeda. Misalnya, di gedung utara yaitu Pitamaha Gallery memamerkan lukisan-lukisan Bali modern jaman tahun 1930-1945an dan lukisan-lukisan karya I Gusti Nyoman Lempad.

Salah satu lukisan semi 3D karya I Gusti Nyoman Lempad

Gedung-gedung lainnya di dalam museum ini juga menampilkan karya-karya indah dari seniman-seniman lain dalam genre yang berbeda. Pokoknya, datang ke museum ini benar-benar menambah wawasan dalam bidang seni sih. Selama ini saya nggak ngerti-ngerti amat tentang lukisan, tapi setelah melihat banyak karya-karya di museum Puri Lukisan ini, kita jadi diajak untuk lebih mengapresiasi bentuk karya seni yang tentunya bukan hal yang mudah dilakukan oleh orang awam.

Area di dalam salah satu gedung gallery

Nah, kalau kamu ingin berwisata yang lebih berbudaya, menambah wawasan tentang seni, main deh ke Museum Puri Lukisan di Ubud ini. Siapa tau, setelah pulang dari sini kamu jadi terinspirasi untuk lebih berkreasi kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *