Random

Nyalakan Semangat Asian Para Games 2018 Dari Pawai Obor Jakarta

Posted on in Random

Tahun 2018 ini, Indonesia punya banyak cerita. Tapi yang paling menarik tentunya cerita tentang kebahagiaan dan kesuksesan negara kita yang bikin kita bangga di panggung internasional dong tentunya. Tahun ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah untuk dua ajang olahraga internasional – salah satunya adalah Asian Games 2018 yang sudah berlangsung bulan Agustus lalu. Dan kini, kita juga dipercaya untuk menggelar Asian Para Games 2018. Luar biasa!

Apa itu Asian Para Games 2018? Apa bedanya dengan Asian Games? Oh beda. Walaupun sama-sama perhelatan olahraga yang melibatkan peserta dari negara-negara Asia, tapi Para Games ini dikhususkan bagi para penyandang disabilitas. Kebayang kan serunya! Pas banget dengan semboyannya, The Inspiring Spirit & Energy of Asia. Acara Asian Para Pames 2018 ini akan digelar di Jakarta, pada tanggal 6-13 Oktober 2018 besok. Ini adalah ajang olahraga disabilitas ke-3 yang diselenggarakan di Asia (sebelumnya bernama Fespic). Ada 42 negara Asia yang berpartisipasi tahun ini, di antaranya adalah Korea, Jepang, Thailand, Iran, Uni Emirat Arab, dan masih banyak lagi. Ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan, antara lain panahan, atletik, bola voli duduk, tenis kursi roda, sampai judo dan angkat berat. Wuiihh nggak kebayang gimana beratnya para atlet difabel kita berlatih hingga bisa ikut di ajang internasional ini.

Para atlet difabel dan warga Jakarta di Pawai Obor Jakarta

Sebelum acara dimulai, keriaan menyambut Asian Para Games 2018 sudah berlangsung di beberapa kota di Indonesia. Karena untuk acara ini diambil api abadi dari daerah Mrapen, Jawa Tengah. Nah, api abadi ini disulut dalam obor yang kemudian dipawaikan di beberapa kota antara lain Medan, Pangkal Pinang, dan terakhir di Jakarta. Kebetulan saya dan beberapa teman blogger ikut keseruan pawai obor di Jakarta pada tanggal 30 September 2018 kemarin.

Dari pukul 07.00 pagi, saya sudah berada di halaman gedung Balaikota DKI Jakarta di Jalan Merdeka Selatan bersama teman-teman media dan blogger. Ternyata di sana udah rame banget! Ada para penari dan pembawa bendera-bendera negara peserta Asian Para Games 2018, para atlet difabel, sampai anak-anak sekolah yang turut meramaikan pawai. Energi positif melimpah ruah! Rencananya pawai obor ini akan dibawa ke Bundaran HI, lalu ke gedung MPR/DPR, dan berakhir di kantor Kemenpora. Acara pawai dimulai dengan pidato sambutan oleh Ketua Paralympic Indonesia, Bapak Welly, Ketua INAPGOC 2018 – Bapak Raja Sapta Oktohari, dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Setelah itu, perlahan-lahan kami bergerak menuju Bundaran HI.

Sheryl Sheinafia dan Nirina Zubir membawa obor api abadi

Sepanjang jalan menuju Bundaran HI ternyata nggak kalah meriahnya. Ada para penari dengan kostum-kostum cerah yang mewakili negara-negara para peserta Asian Para Games 2018 ini. Mereka semua sumringah, membuat saya ikutan loncat-loncat kecil terbawa suasana hehehe. Para atlet difabel juga berjalan mengawal obor yang beberapa kali diserahterimakan ke para duta pawai Obor. Karena pawai obor ini bertepatan dengan CFD (Car Free Day) sepanjang jalan Thamrin, jadi banyak warga jakarta yang antusias melihat pawai ini dan bahkan ikut larut dalam keseruannya. Saya lihat ada sekelompok ibu-ibu yang ikut menarikan lagu theme song Asian Para Games 2018, Song Of Victory. Seru banget!

Inilah para penari yang memakai kostum negara Thailand di Pawai Obor Jakarta

Melihat antusiasme orang-orang di Pawai Obor Jakarta ini sungguh membuat saya terharu dan sedikit malu. Terharu karena semua terlihat bergairah dan mengesampingkan segala permasalahan yang ada demi suksesnya acara ini. Malu saat melihat para atlet penyandang disabilitaspun begitu bersemangat dan kuat sementara saya masih suka mengeluh, hehehe. Di sini saya tidak melihat adanya batasan-batasan. Setiap orang punya keterbatasan, tapi diri kita sendirilah yang mampu mengatasinya. Dan teman-teman atlet difabel ini mengajarkan pada saya bahwa kita pasti bisa mendobrak batasan-batasan yang menghalangi asalkan kita mau berusaha.

Para difabel yang ikut bersemangat mengikuti pawai obor Jakarta

Beruntung sekali ya ajang Asian Para Games 2018 ini diselenggarakan di Indonesia. Belum tentu tahun-tahun berikutnya kita bisa mengalami lagi lho. Saya bersyukur banget bisa ikut dalam rangkaian acara Pawai Obor Jakarta. Semua pengalaman ini menjadi sumber inspirasi saya untuk pantang menyerah dan terus nyalakan semangat dalam diri kita. Besok, saatnya kita dukung para atlet difabel Indonesia untuk bisa mengharumkan nama bangsa dalam cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan. Cek jadwal pertandingan dan beli tiketnya di laman Asian Para Games 2018 ini ya.
Ayo Indonesia!

Saya juga sempat membawa obor api abadi Asian Para Games 2018 ini. Lumayan berat juga ternyata!
Terima kasih team Kominfo, Panenmaya, teman-teman media dan blogger yang sudah ngajak saya ikut dalam pawai obor Jakarta ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *